10 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat populer di masyarakat. Buah pisang bisa kita ditemukan kapan saja, karena buah pisang bukanlah buah yang tumbuh secara musiman. Dengan mengkonsumsi buah pisang kita dapat menjaga kesehatan tubuh, karena buah ini mengandung berbagai jenis nutrisi seperti vitamin A,B,C,dan E, serta kandungan lainnya seperti kalium, seng, zat besi, fosfor,dan magnesium


Manfaat mengkonsumsi buah pisang

Menambah sumber energi

Karbohidrat yang terkandung dalam pisang mampu menghadirkan sumber energi yang penting bagi tubuh. Mengkonsumsi pisang 2 kali dalam sehari, dapat menambah energi bagi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Kalium, kalsium, serta magnesium sangat dibutuhkan dalam penurunan tekanan darah. Buah pisang sangat kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium, sehingga dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Memperbaiki Mood

Kandungan tryptophan yang banyak dalam pisang, nantinya akan diubah menjadi serotonin,neurotransmitter pada otak yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan mood.

Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan fructooligosaccharide berperan sebagai probiotik yang dapat merangsang pertumbuhan dan aktivitas probiotik dalam usus besar juga menghasilkan enzim yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga dapat menstabilkan kemampuan pencernaan sekaligus mencegah bakteri yang dapat merugikan tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam pisang, merupakan salah satu elektrolit yang berperan dalam pembentukan impuls yang berfungsi dalam mempertahankan kontraksi otot jantung agar tetap regular, kandungna sodium yang rendah juga dipercaya dapat melindungi sistem kardiovaskular dari tekanan darah tinggi.

Menjaga kesehatan tulang

Walaupun kandungan kalsium pada buah pisang ini cukup tinggi, namun dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Mencegah resiko terkena kanker

Kandungan senyawa antioksidan fenolik yang dimiliki pisang ternyata mempunyai efek yang bagus dalam menekan resiko terjadinya kanker ginjal.

Dapat menurunkan berat badan

Kandungan vitamin B6 pada pisang dapat melindungi anda dari resiko terkena diabetes tipe 2 serta mampu untuk membantu turunnya berat badan. Maka bagi anda yang ingin diet, mengkonsumsi pisang bisa dijadikan menu pilihannya karena selain rasanya yang manis pisang juga mengenyangkan, sehingga mampu untuk menahan rasa lapar.

Mengobati Magg

Buah pisang memiliki kandungan substansi antasida yang berfungsi untuk membantu dan mengobati magg.

Mencegah Insomnia

Buah pisang kaya akan asam amino yang lebih dikenal dengan Tryptophan. Keberadaan tryptophan dapat memicu produksi melatonin atau hormon tidur yang dapat membantu anda untuk bisa tidur. Konsumsilah buah pisang beberapa jam sebelum anda pergi tidur, dengan cara ini anda akan tertidur dengan nyenyak.


Postingan populer dari blog ini

Manfaat Meminum Air Putih Di Pagi Hari Secara Teratur Bagi Tubuh

Kenali Kanker Serviks Sejak Awal

Masker Putih Telur Yang Mengandung Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Kulit Wajah